Untuk Kamu yang memang bermain di dunia digital, pasti sudah
menyadari bahwa copywriting ialah suatu skill yang perlu dikuasai untuk
mendapatkan pelanggan atau meningkatkan konversi penjualan. Mungkin bisnis Kamu
masih baru, tetapi pada saat Kamu bisa memaksimalkan pola promosi
menggunakan copywriting yang epic, maka bisnis Kamu mempunyai
peluang yang besar untuk mengalahkan pesaing yang ada. Untuk membuat
copywriting yang bagus, Kamu harus mengetahui beberapa pola yang membuat suatu
tulisan tersebut berhasil mempengaruhi pembaca untuk mengikuti apa yang Kamu
inginkan. Beberapa hal yang harus Kamu ketahui ialah sebagai berikut.
1. Buat Headline yang Mengundang Rasa Penasaran
Buatlah headline yang mengundang rasa penasaran dan
memancing orang untuk membuka email Kamu atau klik link yang Kamu tujukan. Tapi
tentunya jangan membuat headline yang tidak sesuai dengan isi berita atau
copywriting Kamu. Sebab apabila Kamu
melakukan hal tersebut, kepercayaan pembaca kepada Kamu akan menurun atau
bahkan hilang. Hal itu disebab kan secara tidak langsung Kamu telah menipu
mereka. Jadi, tetaplah menjaga kesesuaian antara headline dan isi yang akan Kamu
sampaikan.
2. Riset Market
Sebelum membuat copywriting, Kamu harus mengetahui dulu
market Kamu dikisaran usia berapa dan sering bermain sosial media apa saja. Hal
ini diperlukan untuk menjaga gaya bahasa Kamu dan mereka gar tetap satu
frekuensi. Dan bahasan Kamu juga bisa menyesuaikan dengan berita-berita yang
mereka gemari. Dengan riset seperti ini, akan membuat Kamu semakin dekat secara
personal dengan pembaca email Kamu. Sebab secara bahasa, minat, dan berita mempunyai
kesamaan sehingga membuat Kamu dan mereka menjadi lebih intim. Apabila Kamu
sudah menyentuh sisi emosional ini, maka akan lebih mudah bagi Kamu untuk
mempengaruhi mereka.
3. Tepat Sasaran
Copywriting yang Kamu buat untuk iklan di televisi tentu
berbeda dengan copy writing yang Kamu buat untuk iklan di website. Begitu juga
iklan di media sosial, tentu berbeda dengan iklan yang ada di koran misalnya.
Jadi, Kamu harus memetakan siapa audience Kamu dan apakah jenis copywriting ini
sesuai dengan audience tersebut. Selain itu, Kamu harus terbuka untuk setiap
kritik dan saran dari audience Kamu. Kritik dan saran ini terkadang bisa
menjadi kunci kesuksesan dalam membangun sebuah bisnis.
4. Fokus Pada Solusi
Banyak saya temui orang menjual produk atau jasa yang
mengedepankan fitur-fitur mereka, bukan pada solusi untuk para pembaca. Secara
mudahnya saya contohkan seperti ini:
Smartphone
Fitur: Batre 5000mAh, Dual Camera 13megapixel & 13
Megapixel, Chipset snapdragon 625
Solusi:
– Batre bisa bertahan hingga 2 hari, sangat cocok untuk Kamu yang mempunyai
mobilitas tinggi atau gamers.
– Efek kamera bokeh layaknya camera professional bisa Kamu dapatkan di
smartphone ini.
– Chipset terbaru yang bisa menghemat daya batrei serta mempunyai performa
tinggi sehingga anti lemot
Bisa dibedakan kan antara fitur dan solusi? Tunjukan solusi
untuk mereka, bukan hanya berbicara fitur. Sebab pembaca atau calon pembeli hanya mementingkan
keuntungan untuk mereka sendiri.
5. Orisinil
Gunakan copywriting yang orisinil dan tidak meniru orang
lain. Dengan orisinalitas akan membuat tulisan Kamu mempunyai gaya tersendiri
yang bisa jadi akan dirindukan oleh mereka para pembaca setia Kamu.
Dengan 5 pola ini, akan meningkatkan konversi pembelian pada
produk dan jasa Kamu.sehingga bisa
meningkatkan penjualan produk kamu. Terima kaish telah berkunjung dan
membacanya.
0 Response to "Tips dan Pola Pembuatan Copywriting Dengan Konversi Tinggi"
Posting Komentar